Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Bantu Warga Bangun Honai di Jenggernok Papua

 

Foto : Satgas Pamtas Mobile Raider 300 Siliwangu turut membantu masyarakat di kampung Jenggernok, distrik Gome, kabubapten Puncak, Papua dalam pembangunan honai, rumah adat khas Papua. 


Jenggernok  ||  Satgas Pamtas Mobile Raider 300 Siliwangi turut membantu masyarakat di kampung Jenggernok, distrik Gome, kabubapten Puncak, Papua dalam pembangunan honai, rumah adat khas Papua. 

Hal tersebut yang disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300/Braja Kodam III Siliwangi dalam rilis tertulisnya di Ilaga Kab.Puncak, Papua, Jum'at (24/11/23). 

Rumah adalah kebutuhan esensial dalam kehidupan manusia dan honai memiliki peran khusus dalam kebudayaan Papua. 

Distrik Gome, kabupaten Puncak sering mengalami gangguan keamanan oleh Kelompok Saparatis Teroris (KST). Gangguan yang terakhir dilakukan oleh KST  yakni pada 10 Nopemeber 2023 lalu. Tidak dipungkiri, akibat dari gangguan dan ancaman KST ini, ada masyarakat yang meninggalkan tempat tinggalnya dan memilih tinggal di dekat pos-pos satgas TNI 300. Dengan adanya masyarakat yang tinggal di dekat pos TNI 300 Gome, maka Pos Satgas 300 membantu membuat Honai untuk tempat tinggal warga di Jenggernok, Gome. 

Lettu Inf Muh Reza Pahlawan, selaku Komandan Pos TNI 300 Gome, menyatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat yang menjadi korban KST. Hal Ini sejalan dengan perintah Pangdam III Siliwangi,  Mayjen TNI Erwin Djatniko yang mengatakan, "Prajurit Siliwangi dimanapun bertugas agar mampu jadi solusi untuk masyarakat sekeliling dengan batas kemampuannya," ujarnya. 

Hal ini yang menjadi salah satu modal kekuatan penuh bagi Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi. 

"Kami akan selalu membantu masyarakat Kabupaten Puncak dimana kami sekarang bertugas. Dukungan semangat, moril, materil dan doa dari Bapak Pangdam III Siliwangi selalu memberkati perjalanan tugas kami disini. Kami prajurit Siliwangi adalah Prajurit yang Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh," pungkasnya. 

Bapak Pinus Murib, Pemilik Honai sangat berterimakasih kepada TNI Khususnya Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi karena sudah mau memberikan bantuan dalam pembuatan honai, sehingga memungkinkan kembali tinggal di rumah adatnya. 

[jtsi put



Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar