Pelayanan Administrasi SIM Lancar, Ditlantas Poldasu Sidak Polres Binjai

Medan || Pelayanan Administrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) lancar di Polres Binjai Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto, SH., S.IK., melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Unit Satuan Penyelenggara Admistrasi SIM (Satpas) Polres Binjai, Jumat (15/09/2023) siang.

“Kegiatan kami di sini dalam rangka melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk memastikan bahwa pelayanan di Satpas khususnya Kota Binjai atau Pelayanan SIM berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kombes Pol Muji melihat langsung setiap tahapan proses pembuatan maupun perpanjangan SIM. Dia menilai seluruh kegiatan di Satpas Binjai sudah berjalan dengan baik.

Papan petunjuk atau pemberitahuan tentang mekanisme pengurusan dan perpanjangan SIM, terpasang dan dipajang di setiap dinding, sehingga mempermudah masyarakat mengikuti langkah aturan cara mengurus SIM yang dibutuhkan.

“Kita lihat tadi semua mekanisme berjalan baik sesuai dengan ketentuan. Kemudian, kita lihat ada juga terpajang besaran biaya ditempel di dinding. Jadi ada kepastian biaya dan ketepatan waktu,” katanya.

Lebih lanjut Dir Lantas menambahkan, perubahan Ujian Praktik dari Angka 8 menjadi Huruf S sangat membantu dan mempermudah masyarakat. Peralihan itu sudah berjalan, dan pemohon SIM dapat melaluinya dengan baik.

“Kita lihat sama-sama ujian praktik yang menggunakan Huruf perubahan dari Angka 8. Beberapa waktu yang lalu sudah kita mulai dan Alhamdulillah tadi kita lihat pemohon SIM bisa lulus. Artinya, Angka 8 diganti Huruf S lebih mudah, tidak sulit,” jelasnya.

Disinggung soal praktik percaloan, Kombes Pol Muji memastikan tidak ada. Dia berharap pelayanan maksimal dan bersih kepada masyarakat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Kendati demikian, Kombes Pol Muji tetap mengharapkan saran dan masukan dari semua pihak, agar Pihaknya bisa segera berbenah.

“Tidak ada Calo. Mudah-mudahan nanti bisa kita pertahankan dan tingkatkan. Terima kasih juga tentunya, dan tentunya kami sangat mengharapkan saran, kritikan, dan masukan, dari masyarakat, agar sistem pelayanan kami kedepannya akan lebih baik lagi,” ucapnya.

Menjawab pertanyaan Awak Media, Kombes Pol Muji menyebut, Satpas Binjai memiliki peralatan dan fasiltas terbilang baik karena sebagai percontohan. Semua menggunakan Sistem Digital untuk memudahkan masyarakat.

Muji menyatakan, bahwa pelaksanaan sidak yang berlangsung merupakan bagian untuk menyambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 68. Dia bertekad untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan dukungan penuh semua pihak.

“Sekaligus tujuan Sidak yang kita laksanakan, juga untuk menyambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 68. Tentunya kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada Masyarakat, dan itu tentunya kami tidak bisa sendiri. Kami perlu saran, kritikan, dan masukan dari semua pihak untuk perbaikan-perbaikan,” pungkasnya.

Dari pantauan Awak Media di lapangan saat Sidak tersebut, Kombes Pol Muji menyambangi langsung setiap Ruangan Pelayanan di Satpas Polres Binjai untuk memastikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat untuk memohon kepengurusan SIM. Kombes Pol Muji juga menyempatkan untuk berinteraksi dengan Warga Pemohon SIM.

Salah Seorang Pemohon yang mengurus SIM C, bernama Mentari Aulia (26), Warga Binjai Utara menyatakan, bahwa pelayanan di Satpas Polres Binjai berjalan baik dan maksimal.Dijelaskan Mentari Aulia kemudahan pengurusan SIM.

“Petugasnya ramah-ramah kok, humanis, dan proses pembuatan SIM tepat waktu, tidak lama. Saya lihat tidak ada Calo,” ujarnya kepada Awak Media.


[jtsi run]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar