Iklan

deskripsi gambar

Rapat Paripurna DPRD Medan Penyampaian Laporan Hasil Reses II Masa Sidang ke III Tahun 2022

 


Medan   ||    jtsi.or.id   || 

Rapat paripurna DPRD Kota Medan terkait Penyampaian Laporan Hasil Reses II Masa Sidang ke III Tahun 2022 dibuka oleh Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan didampingi Wakil Ketua Ikhwan Ritonga, Rajudin Sagala dan HT Bahrumsyah yang dihadiri oleh Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rahman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Kepala OPD dan anggota dewan lainnya.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE menyerahkan laporan hasil reses II masa sidang ke III tahun 2022 dari Daerah Pemilihan I s/d V di rapat paripurna gedung DPRD Medan, Senin (10/10/2022). 

Dalam laporan hasil reses anggota DPRD Kota Medan tahun anggaran 2022 dari dapil satu hingga lima, para anggota dewan banyak menerima aspirasi tentang masalah-masalah yang ada di masyarakat. Seperti masalah ekonomi, sosial, infrastruktur dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini, reses dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kinerja anggota DPRD Medan dalam kerangka menjalankan tri fungsi dewan, yaitu pengawasan dan Pembentukan Perda penganggaran, menampung dan menyerap aspirasi masyarakat, memonitor pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan, sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan dengan sasaran kegiatan yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat umum.

Dalam laporan anggota DPRD Medan Fraksi PDI Perjuangan Robi Barus SE menyampaikan laporan hasil reses 2 tahun sidang III tahun 2022 daerah pemilihan I, Dame Duma Sari Hutagalung (F-Gerindra), Edward Hutabarat (F-PDIP), Robi Barus (F-PDIP), Antonius D Tumanggor (F-NasDem), H. Rajudin Sagala (F-PKS), Rudiawan Sitorus (F-PKS), Abdul Rahman Nasution (F-PAN) dan Renville P. Napitupulu (F-HPP).

“Dari pelaksanaan Reses II Masa Sidang III Tahun Anggara 2022 pada kegiatan penyerapan dan penghimpunan aspirasi masyarakat dari daerah pemilihan I dapat kami himpun berbagai permasalahan dan aspirasi, yang kami tujukan kepada Wali Kota Medan melalui OPD terkait diantaranya, pada Dinas Pekerjaan Umum, seperti perbaikan jalan di Jalan Sempurna Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Priuk Kelurahan Sei Putih Tengah  Kecamatan Medan Petisah, Jalan Mesjid Gang Mufakat Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Perkutut Gang Setia Budi No.54 Helvetia Tengah, Jalan Sejahtera Gang Bahagia Lk VII No24 Helvetia Timur, Jalan Amal Luhur Gg Cempaka Dwikora, Jalan Budi Luhur Gang Pembangunan, Jalan Palem 4 No161 Helvetia, Jalan Kuali Belakang Sei Putih Tengah, Jalan Bahagia Gang Mulia Kecamatan  Medan Baru, Jalan Klambir V Gang Nasional Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Kertas Gang Nangka Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah, Jalan Jangka Ujung Gang Johar Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah, Jalan Jangka Ujung No.87 Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah, Jalan Sei Muara Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, Jalan Kelurahan Petisah Hulu Kecamatan Medan Baru Pattimura Gang Saoh.

Pengaspalan jalan di Jalan Johar Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Pembangunan Gang Perdamaian Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan  Medan Helvetia, Jalan  Pembangunan Linhkungan VII Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia Gang Pertama Kelurahan Sei Sikambing lI, Jalan Setia Baru Sei Agul, Jalan Sekip Ujung Sei Agul, Jalan Karya Rakyat Gang Tapanuli Sei Agul, Jalan Pengayoman Sei Agul, Jalan Kalpataru 1 Helvetia Timur, Jalan Gaperta Ujung Gang Beringin, Jalan Setia Baru Sei Agul, Jalan Danau Melintang Sei Agul, Jalan Setia Budi Gang Tape Medan Helvetia, Jalan Klambir 5 Gang Pribadi 2 Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Klambir 5 Gang Abidin Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Albadar 1 Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Klambir 5 Gang Tembus, Jalan Pertahanan Kelurahan Sei Sikambing D Kecamatan Medan Petisah, Jalan Klambir V Gang Rahmat Lingkungan 1 Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Klambir 5 Gang Imah Kelurahan Tanjung Gusta Kecamntan Medan Helvetia, Jalan Gaperta Gang Solo Tengah Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Klambir 5 Gang Madrasah Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Albadar Raya Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Jalan Bakti Selatan Gang Bersama Gaperta Ujung Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia," ujar Robi Barus. 

Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Haris Kelana Damanik menyampaikan laporan hasil reses Tahun III tahun 2022, daerah pemilihan II diantaranya, Surianto (F-Gerindra), Siti Suciati (F-Gerindra), Haris Kelana Damanik (F-Gerindra), Margaret MS (F-PDIP), Mulia Asri Rambe (F-Partai Golkar), T. Edriansyah Rendy (F-NasDem), Abdul Latief Lubis (F-PKS), Abdul Rani (F-HPP), T. Bahrumsyah (F-PAN), Sudari (F-PAN), Janses Simbolon (F-HPP) Ishaq Abrar M. Tarigan (F-Partai Demokrat). Dari hasil reses yang dilakukan oleh Anggota DPRD Dapil II diperoleh berbagai masukan yang sangat berguna bagi pelaksanaan trifungsi DPRD (Legislasi, Penganggaran dan pengawasan). Usulan, permasalahan, masukan dan saran yang dihimpun dalam kegiatan Reses ini menjadi masukan yang dapat dihimpun dalam merumuskan kebijakan maupun perencanaan pembangunan untuk mewujudkan visi dan Misi Kota Medan di masa mendatang.

“Kami yakin dan percaya Pemko Medan di bawah Kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Medan saat ini mampu memberikan perubahan dan membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Medan, sesuai janji dan Visi Misi Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan dan semua pihak hendaknya saling bersinergi untuk mampu mewujudkan kemajuan dan kemakmuran Kota Medan yang kita cintai,” ungkap Haris Kelana Damanik.

Dari pelaksanaan Kegiatan Reses di Dapil II ini disarankan kepada Pemko Medan melalui Bappeda Kota Medan agar menjalin komunikasi dan Kerjasama dengan segenap stakeholder, agar rumusan permasalahan dalam pokok-pokok pikiran DPRD yang diperoleh dari hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran dapat lebih efektif dan efisien serta memperoleh dampak yang positif bagi warga dan kemajuan kota Medan.

“Naiknya harga bahan bakar minyak tentunya akan berdampak pada kenaikan harga-harga pokok dipasaran. Pada Reses ini masyarakat memohon Kepada Pemerintah Kota Medan agar melakukan kebijakan-kebijakan yang dapat membantu masyarakat seperti pengedalian harga-harga pangan yang juga mengalami kenaikan agar masyarakat dapat bangkit dari keterpurukan pasca Pendemic Covid 19,” ungkap Haris.

Kemudian OPD pada Pemerintah Kota Medan, agar memacu kreativitas dan inovasi dalam peningkatan kinerja dan pelayanannya sesuai bidang yang menjadi urusannya, agar kepuasan masyarakat menjadi acuan prestasi dan iklim investasi dan stabilitas daerah dapat terwujud sehingga mampu menggerakan roda perekonomian Kota Medan sebagai barometer Pembangunan di kawasan Pulau Sumatera.

Anggota DPRD Medan Fraksi PKS Irwansyah S.Ag, SH menyampaikan laporan hasil reses Tahun III tahun 2022 derah pemilihan III mewakili, Sahat Simbolon (F-Gerindra), Netty Yuniarti (F-Gerindra), Paul Mei Anton Simanjuntak (F-PDIP), Wong Chun Sen (F-PDIP), Modesta Marpaung (F-Partai Golkar, Irwansyah (F-PKS), Edwin Sugesti Nasution (F-PAN) dan Parlindungan (F-Partai Demokrat).

“Kenaikan harga barang-barang pokok kebutuhan masyarakat agar dapat dicarikan solusi yang tepat agar tidak terlalu membebani masyarakat,” kata Irwansyah S.Ag, SH.

Permohonan masyarakat agar tariff listrik dapat dikurangi atau setidaknya disediakan bantuan untuk mensubsidi tariff listrik bagi warga tidak mampu.

“Kami telah menghimpun dan mendengar berbagai masukan yang dan masyarakat, dapat kami sampaikan bahwa masalah dan keluhan warga masyarakat ini hendaknya kita perhatikan dan menjadi dasar dalam penentan kebijakan pembangunan Kota Medan di Masa yang akan datang Walaupun tidak sekaligus seluruhnya dapat direalisasikan namun hendaknya ini bisa menjadi pertimbangan dan acuan khususnya dalam mewujudkan visi dan Misi Kota Medan yang mewujudkan Kota Medan yang Maju dan Berkah dengan berkolaborasi dan memberdayakan segenap potensi demi kesejahteraan warga Kota Medan secara keseluruhan,” katanya

Warga mengharapkan Pemko Medan melalui Bappeda Kota Medan agar lebih peka dan terbuka berkomunikasi dengan segenap pihak untuk bersinergi membangun kota Medan, dalam hal ini Bappeda untuk mengakomodir saran dan pendapat maupun rumusan permasalahan dalam pokok-pokok pikiran DPRD yang diperoleh dan hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemko Medan.

“Kepada OPD terkait, agar segera perbaikan kualitas pelayanan publik sesuai bidang yang menjadi urusannya, perhatikan dan dengarkan keluhan warga dan hendaknya lebih pro aktif dan menyelesaikan berbagai persoalan warga dengan komprehensif demi terwujudnya Kota Medan yang Maju dan Modern,” pungkasnya.

Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Dedy Aksyari Nasution menyampaikan laporan hasil reses Tahun III tahun 2022, daerah pemilihan IV, Ihwan Ritonga (F-Gerindra), Dedy Aksyari Nasution (F Gerindra), Hasyim (F-PDIP), David Roni Ganda Sinaga (F-PDIP), M. Rizki Nugraha (F-Partai Golkar), Afif Abdillah (F-NasDem), Rudiyanto (F-PKS), Edi Sahputra (F-PAN), Hendra DS (F-HPP), Dodi Robert Simangunsong (F-Demokrat). Dimana melalui Pemerintah Kota Medan kita menyoal terkait naiknya harga BBM. 

“Kenaikan harga BBM subsidi yang signifikan membuat semua kalangan masyarakat menjadi resah kenaikan juga diikuti dengan harga kebutuhan pokok dan tarif angkutan umum. Masyarakat sangat merasa diberatkan dengan kebijakan Pemerintah yang tidak memihak kepada rakyak kecil. Oleh karena itu warga memohon Kepada Pemerintah Kota Medan memberi solusi kepada warga agar masyarakat miskin tidak semakin terpuruk apalagi,” kata Dedy Aksyari.

Begitu juga menyoal terkait Dinas Pekerjaan Umum untuk Perbaikan Jalan seperti di Jalan Jaya, Jalan Jaya II Gang Serayu Kelurahan Sudirejo II, Jalan Swadaya Gang Tahu, Gang Tower Kelurahan Harjosari II, Jalan Denai Gang Rukun Kelurahan Tegal sari 1, Jalan Selamat Pulau Kelurahan Sitirejo III, Jalan Sempurna Kelurahan Kedai Durian, Jalan Stasiun Kelurahan Kedai Durian, Jalan Sari Gang Mesjid Kelurahan Kedai Durian, Jalan Elang Ujung, Pengaspalan/ Pembetonan jalan di Jalan Selamat (Bromo Ujung) Gang Sejahtera Kelurahan Binjai, Jalan Pengilar

Lingkungan 1 Kelurahan Amplas, Jalan Tempirai Kelurahan Amplas, Jalan Pamglima Denai Gang Sumar Kelurahan Amplas, Jalan Tangguk Bongkar Gang Kilang 10 Pembangunan Masjid Al Munawaroh, Jalan Tangguk Bongkar 10 Kelurahan STM II. 

Warga Jalan Sayum Kelurahan Pasar Merah Barat meminta agar Pemerintah Kota Medan bekerjasama dengan pihak Kepolisian melakukan penertiban Lembaga Peminjaman Keuangan dan Pegadaian llegal berkedok Koperasi karena sudah meresahkan masyarakat banyak, terjebak dalam pinjaman kredit serta gadai barang yang berbunga tinggi dan berlipat-lipat, penambahan tiang listrik di Jalan Selamat (Bromo Ujung) Gang Sederhana Lingkungan 20, penggantian tiang listrik yang sudah tidak layak di Jalan Laksana Kota Matsum II, Jalan Tuba IV, Jalan Selamat Gang Timbun Kelurahan Sitirejo III Trafo listrik, Jalan Rawa Cangkuk II No.17 Medan Denai agar ditutup karena sudah menimbulkan percikan api.

Pemerintah Kota Medan melalui Kepolisian agar menindak tegas pelaku pembegalan yang marak terutama di Fly Over Amplas sekitarnya. Perlunya sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat khusunya remaja tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini semakin marak di Kota Matsum I, Jalan Amaliun Kelurahan Kota Matsum II, perlunya pihak keamanan menertibkan para pengedar narkoba yang sudah sering terjadi dan terang-terangan di Jalan Brigjen Katamso Gang Asli (Bawah Lembah) Kelurahan Sei Mati, Jalan Menteng VII Gang Kenangan, Jalan Tangguk Bongkar. 

“Dari hasil reses yang dilakukan oleh Anggota DPRD Dapil IV diperoleh berbagai masukan yang sangat berguna bagi pelaksanaan trifungsi DPRD (Legislasi, Penganggaran dan pengawasan). Usulan, permasalahan, masukan dan saran yang dihimpun dalam kegiatan reses ini menjadi masukan yang dapat dihimpun dalam merumuskan kebijakan maupun perencanaan pembangunan untuk mewujudkan visi dan Misi Kota Medan di masa mendatang kami yakin dan percaya Pemko Medan di bawah Kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Medan saat ini mampu memberikan perubahan dan membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Medan, sesuai janji dan Visi Misi Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan dan semua pihak hendaknya saling bersinergi untuk mampu mewujudkan kemajuan dan kemakmuran Kota Medan yang kita cintai,” katanya.

Anggota DPRD Medan Fraksi PDI Perjuangan Henri Duin menyampaikan laporan hasil reses II tahun sidang III tahun 2022 meliputi daerah pemilihan V diantaranya, Mulia Syahputra Nasution (F-Gerindra), D.Edy Eka Suranta S. Meliala (F-Gerindra), Daniel Pinem (F-PDIP), Johannes H. Hutagalung (F-PDIP), Henri Duin (F-PDIP), M. Afri Rizki Lubis (F-Partai Golkar), Habiburrahman Sinuraya (F-NasDem), Dhiyaul Hayati (F-PKS), Syaiful Ramadhan (F-PKS), Erwin Siahaan (F-HPP), Sukamto (F-PAN), Burhanuddin Sitepu (F-Partai Demokrat)

“Dari pelaksanaan Reses Masa Sidang II Tahun Ketiga pada Kegiatan Penyerapan dan Penghimpunan Aspirasi Masyarakat dari Daerah Pemilihan V dapat kami himpun berbagai permasalahan dan aspirasi, yang kami tujukan kepada Wali Kota Medan melalui OPD terkait,” kata Henri Duin.

Pada Dinas Pekerjaan Umum ingin dilakukan perbaikan jalan di Jalan Karya Jaya, Jalan Avros Gang Jeruk, jalan yang bergelombang dan banyaknya cekungan di lingkungan Kelurahan PB Selayang II, Jalan Sakura III Gang Tarigan, Jalan Bunga Sedap Malam VIII-B Pasar Inpres Kwala Bekala, Jalan Bunga Kantil 9 Lingkungan 10, Jalan AH Nasution Gang Mejuah-Juah, Jalan Parang I Gang Tarigan, Jalan Luku Gang Anggrek, Jalan Jamin Ginting Gang Katamuli, Jalan Eka Surya, Jalan Bunga Pariama Gang Sejahtera Kelurahan Ladang Bambu, Jalan Saudara Gang Mandor Kelurahan Beringin, Jalan Bunga Pariama ! Gang Mahoni Kelurahan Ladang Bambu, Jalan Eka Suka Kelurahan Gedung Johor, Jalan M.Haris Nasution Kelurahan Kwala Bekala, Jalan Karya Tani Gang Horas, Jalan Sakura 1,2 dan 3, Jalan Bambu Raya Kelurahan  Mangga, Jalan Bunga Cempaka Gang Bangun, Jalan Bunga Cempaka 13, Jalan Bunga Terompet, Jalan Starban Polonia, Jalan Multatuli/Jalan Pacer Kelurahan Hamdan, Jalan Eka Budi Kelurahan Gedung Johor Lingkungan 4 Kelurahan Hamdan Jalan Bunga Sedap Malam 3 antara Perumnas Simalingkar dan Simalingkar B, Jalan Sawit Medan Tuntungan, Perumnas Simalingkar, Jalan Perjuangan II Kelurahan Sari Rejo, Jalan Bunga Turi 2 Lingkungan 3 Kelurahan Sidomulyo.

“Berdasarkan pengamatan dan aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan Reses II Masa Sidang III Tahun Anggaran 2022 masyarakat sangat antusias dalam menyampaikan harapan dan masukannya dan mereka tidak ragu untuk menyampaikan keluh kesah dan persoalan yang mereka hadapi,” kata Duin.

Hal ini tentunya menjadi perhatian kita bersama dalam rangka menghasilkan berbagai kebijakan yang unggul dan berkualitas dalam program pembangunan di Kota Medan ini. Meskipun tidaklah semua usulan ini bisa langsung diakomodir seluruhnya, namun hal ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam menentukan skala prioritas dan strategi dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang, khususnya dalam rangka mewujudkan Visi Misi Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan untuk mewujudkan Kota Medan yang Maju dan Berkah dan mengutamakan kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Dan segenap pihak terkait hal ini hendaknya menjadi masukan bagi evaluasi kinerja dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai segenap upaya yang kita lakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

WaIi Kota Medan Bobby Nasution kemudian menyampaikan sambutannya dalam Rapat Paripurna dengan Agenda Penyampaian Laporan Hasil Rese II Masa Sidang III Tahun Anggaran 2022 Daerah Pemilihan I s/d V. 

Pemko Medan sangat mengapresiasi hasil reses yang telah dilakukan anggota DPRD Medan dan berkomitmen untuk mengakomodirnya. Sebab, hasil reses ini pada prinsipnya merupakan pintu awal perencanaan yang baik sekaligus masukan yang sangat berharga bagi pembangunan kota ke depan. Banyak saran dan masukan penting yang strategis, baik bersifat kebijakan maupun program-program pembangunan yang menggambarkan kebutuhan pokok masyarakat.

“Saya yakin dan percaya bahwa seluruh hasil yang disampaikan merupakan aspirasi sesuai kebutuhan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup sosial, ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Kota Medan yang semakin baik,” kata WaIi Kota Medan Bobby Nasution dalam Rapat Paripurna. 

Dikatakan Bobby Nasution, pelaksanaan reses merupakan salah satu fungsi dewan yang di pandang sangat strategis dalam rangka membangun komunikasi pembangunan secara timbal balik guna mengharmonisasikan arah kebijakan dan program pembangunan kota.

Di samping itu, jelas Bobby, reses bertujuan untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis pada konstituen di daerah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Terkait itu, menantu Presiden Joko Widodo ini minta kepada perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan agar benar-benar memperhatikan dan memberikan atensi yang lebih terhadap hasil reses anggota DPRD Medan yang dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD menjadi referensi untuk ditindaklanjuti dan disinergikan dalam bentuk program serta kegiatan pembangunan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Walikota Medan H Aulia Rachman terlihat berbincang akrab dalam rapat paripurna di DPRD Medan.

“Kepada pimpinan perangkat daerah, saya sampaikan bahwa aspirasi masyarakat yang diserap dari pelaksanaan reses anggota DPRD daerah pemilihan I sampai V merupakan bentuk konkrit harapan dan kebutuhan masyarakat yang harus disikapi dan ditindaklanjuti dalam program maupun kegiatan yang relevan di sisa waktu tahun anggaran 2022,” tegasnya.

Didampingi Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman dan Sekda Wiriya Alrahman, Bobby Nasution kemudian mengajak seluruh pemangku kepentingan kota untuk memiliki komitmen dan semangat sama sebagai modal sosial yang besar di tengah-tengah masyarakat guna memajukan pembangunan kota.

“Pemko Medan menyadari bahwa dalam mengatasi persoalan dan permasalahan pembangunan kota perlu adanya kolaborasi dan sinergi antar lembaga. Oleh karenanya saya berharap kemitraan dan kebersamaan eksekutif dan legislatif, serta dukungan partisipasi yang luas dari seluruh pemangku kepentingan kota harus kita optimalkan,” paparnya.

Suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini yakin dengan visi bersama, bersinergi dan berkolaborasi antara eksekutif dan legislatif akan mampu mewujudkan tujuan-tujuan besar pembangunan kota sekaligus menjadikan Medan sebagai kota yang berkah, maju dan kondusif.

(jtsi bahren)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar

Tag Terpopuler