Melalui Raker, Ketua DPRD Medan Bangkitkan Kolaborasi Wujudkan Medan Berkah

KOMPAS7.ID

kompas7.id| Berastagi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Hasyim SE mengajak seluruh anggota dewan dan Pemko Medan agar bangkit bersinergi dalam kolaborasi guna terwujudnya Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif. Memaksimalkan tufoksi dewan sebagai legislasi, anggaran dan pengawasan. 

Ajakan itu disampaikan Hasyim SE saat pembukaan rapat kerja (Raker) di Grand Mutiara Berastagi Kabupaten Tanah Karo, Minggu, (7/11/2021). Raker yang akan digelar Minggu sd Selasa (7-8-9/11/2021) diikuti 50 anggota DPRD Medan dengan  membawa thema "Bangkit bersinergi dalam kolaborasi mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif” dan secara resmi dibuka Walikota Medan M Bobby Afif Nasution.

Selain Walikota Medan M Bobby Afif Nasution juga hadir Kepala BPKAD Pemko Medan Zulkarnaen Lubis, Kepala Bappeda Pemko Medan, Benni Iskandar. Juga hadir Plt Setwan DPRD Medan Hj Alida, Kabag Umum DPRD Medan M Ali Sipahutar, Kabag Keuangan Erisda Hutasoit.

Dikatakan Hasyim, pelaksanaan Raker guna membahas rencana kerja dewan di Tahun 2022 mendatang sehingga lebih memaksimalkan tufoksi sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Ditambahkan Hasyim SE tujuan dilaksanakannya raker selain membahas rencana kerja Tahun 2022 juga akan mengoptimalisasi tugas dan fungsi DPRD serta hal hal lain yang dianggap perlu program kerja tahun mendatang.

Apalagi kata Hasyim SE yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan itu, di Tahun 2021 merupakan pemulihan ekonomi nasional sekaligus upaya untuk bangkit bersama dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

"Sebagaimana kita ketahui, gelombang pandemi sudah menghantam sendi perekonomian hampir di seluruh dunia. Banyak pelaku usaha yang gulung tikar dan tidak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan. Banyak pula perkantoran yang memberlakukan sistem kerja work from home. Namun demikian, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Kuasa, karena pandemi mulai melandai, " ujar Hasyim.

Pada kesempatan itu Hasyim mengajak masyarakat, khususnya di Kota Medan, agar tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), menerapkan pola hidup sehat serta mengikuti vaksinasi guna melindungi segenap warga dari penyebaran wabah Covid 19.

Serta berharap agar PPKM semakin turun level sehingga aktivitas ekonomi semakin menggeliat. Maka saatnya untuk perbaikan dan pemulihan ekonomi.

"Kita sangat berharap Kota Medan mampu bangkit berbenah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang," sebutnya. 

Dikatakan Hasyim, meskipun pandemi masih belum menunjukkan tanda akan berakhir, agar bisa beradaptasi hidup di situasi new normal. Hasyim mengajak semua pihak dapat bangkit bersinergi guna melaksanakan pembangunan dan pelayanan publik agar Kota Medan dapat berkembang maju dan berdaya saing global.

Bahkan tambah Hasyim, Raker bukan hanya rutinitas tahunan belaka, tapi akan berfokus pada upaya merumuskan berbagai langkah strategi untuk bangkit dari dampak pandemi Covid 19 yang telah dilalui bersama selama hampir dua tahun. 

Raker juga diharapkan menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan dalam perencanaan pembangunan, penganggaran dan pengawasannya. 

Tentu, Sudah menjadi tugas bersama untuk mengawal dari sisi penganggaran, pengawasan dan pembentukan Perda untuk mendukung keberhasilan visi misi Kota Medan. 

Disampaikan Hasyim, dewan selaku fungsi penganggaran diharapkan harus mampu melahirkan anggaran yang menjawab kebutuhan masa depan Kota Medan. Sedangkan fungsi pembentukan Perda diharapkan mampu merumuskan Ranperda yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat dan menjawab tuntutan perubahan zaman. 

Sementara itu Walikota Medan Bobby Afif Nasution menyampaikan agar ke depan nya kolaborasi Pemko Medan dan DPRD Medan semakin meningkat guna capaian peningkatan pembangunan di Kota Medan. 

Bobby Nasution berharap DPRD Medan dapat membantu mengajak masyarakat kostituen masing masing menjalankan visi misi 5 program prioritas pembangunan dan 2 program penunjang menuju Kota Medan berkah dan kondusif. 

Ditambahkan Bobby Nasution pada pidatonya menyampaikan keinginannya menjadikan Kota Medan menuju Metropolitan seperti negara tetangga. Untuk itu Bobby minta dukungan dari seluruh kalangan DPRD Medan.

Sementara itu Ketua Pelaksana Raker yang juga Plt Sekwan DPRD Medan Hj Alida SH menyampaikan penyelenggaraan Rapat Kerja DPRD Kota Medan Tahun 2021 ini dilaksanakan atas dasar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Tujuan dilaksanakannya Rapat Kerja DPRD Untuk menghasilkan kesepakatan Rencana Kinerja DPRD Kota Medan Tahun 2022, untuk disampaikan kepada Sekretariat DPRD dan dilakukan penyelarasan dengan anggaran.

Turut hadir selaku nara sumber Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mukjizat S.Sos, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr Rozi Benni, BPK RI Iwan Iswanto. (Heri/lmr)

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar